The Book in Details

Kolom Pembelian

Harga Diskon: Rp26550
Jumlah:

cetak

Pendidikan Agama Kristen untuk Perguruan Tinggi

Kategori Buku : Pelajaran Agm. Kristen

ISBN 978-979-29-0135-1
By Pdt. R.M. Drie S. Brotosudarmo, S.Th., M.Th., M.Si
14x21cm, 182pages
1st Published, 2008
Price: Rp.29500

Bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, suku, adat, kebiasaan, dan agama. Bangsa yang memegang semboyan Bhineka Tunggal Ika ini seharusnya bisa menerima perbedaan saudara sebangsanya, lebih-lebih soal agama. Persatuan dan kesatuan bangsa justru terkoyak oleh berbagai perbedaan yang ada. Salah satunya adalah agama. Apa yang menyebabkannya? Eksklusivisme.

Kebanyakan orang hanya memahami agamanya tanpa ada kemauan dan keinginan untuk mengenal agama lain. Akibatnya toleransi antarumat beragama terkikis sehingga muncul ketegangan dalam masyarakat dan oknum yang memperalat agama demi kepentingan mereka.

Pendidikan Agama Kristen untuk Perguruan Tinggi ini sebagai bahan perkuliahan di semua fakultas non-teologi. Sesuai dengan realitas sosial yang terjadi di Indonesia pada akhir abad XX dan awal abad XXI, ketika banyak ketegangan dan konflik (khususnya dalam bidang hidup beragama), perkuliahan Pendidikan Agama Kristen diusahakan terbuka bagi penyelenggaraan dialog antar umat beragama agar timbul toleransi yang berkualitas tinggi. Hal itu berarti Pendidikan Agama Kristen perlu dipahami dengan baik sehingga perkuliahannya harus memerhatikan kenyataan sosial seperti yang pernah terjadi di Indonesia dan harapan bagi persatuan dan kesatuan bangsa menjadi sangat penting.

Dalam buku ini Anda dapat mempelajari hal-hal berikut:
Realitas Sosial dan Hakikat Agama
Agama Kristen
Dasar-dasar Iman Kristen
Dialog antarumat beragama
Hak Asasi Manusia

Pendidikan Agama Kristen untuk Perguruan Tinggi tidak hanya bisa dibaca oleh para mahasiswa non teologi, tetapi juga orang-orang yang tertarik dengan dunia PAK atau memang berkecimpung di dalamnya.

TENTANG PENULIS:
Pdt. R.M. Drie S. Brotosudarmo, S.Th., M.Th., M.Si lahir pada 11 Agustus 1946 di Margorejo Tayu, Pati, daerah pusat zending DZV. Penulis adalah cucu Kyai Ibrahim Tunggul Wulung, penginjil besar di Jawa. Beliau menikahi R.A. Watyowati Tasih S.Pd dan dikaruniai 2 orang putra. Kakek bercucu satu ini meraih gelar Master of Theology (M.Th.) dalam spesialisasi Etika Kristen dari SEAGST dan gelar Master of Science (M. Si) bidang Sosiologi Agama dari UKSW. Dalam bidang pendidikan, penulis beberapa buku ini pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teologi (1995-1998) dan Koordinator mata kuliah Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Pendidikan Etika Kristen (PEK) di UKSW (1995-sekarang). Dalam tugas kesehariannya, beliau terlibat langsung dan aktif dalam tim Campus Ministry UKSW (2003—sekarang) dan staf pengajar di beberapa STT. Dalam kegerejaan, penulis pernah menjabat sebagai sekretaris Klasis Timur GITJ, sekretaris Sinode GITJ dan Ketua Umum Sinode GITJ. Sejak tahun 2000, penulis aktif dalam perintisan dan pembukaan jemaat baru.



Pendidikan Agama Kristen untuk Perguruan Tinggi -